Persneling matic pada mobil jazz
masih banyak pengguna mobil tidak mengetahui cara menggunakan persneling matic
bahkan yang sering mengendaarai mobil pun ada yang belum mengerti. Disini saya
akan berbagi pengalaman cara menggunakan
persneling matic pada mobil jazz , kebanyakan
masih bingung dalam instruksi yang terdapat pada tuas persneling dan masih
bingung kapan waktu memindah tuas persneling D, S, L, N atau R. Dalam
menggunakan persnaling matic yang digunakan hanya kaki kanan saja sedangkan
kaki kiri yang biasa dipakai untuk menginjak kopleng tidak digunakan.
Berikut
cara menggunakan persneling matic pada
mobil jazz :
Tuas
pemindah memiliki enam posisi. Harus diposisi Park atau Netral untuk
menghidupkan mesin. Bila anda berhenti dalam D, S, L, N, atau R injak dengan
kuat pedal rem dan lepaskan kaki anda dari pedal gas. Bila anda start pada
sepanjang lereng yang mendekati bukit, yakinkan menggunakan rem parker sebagai
tambahan dari injakan kaki, sebab creeping mungkin kurang efektif.
Park (P)
Posisi
ini secara mekanis mengunci transmisi. Gunakan Park kapan saja anda matikan
atau menghidupkan mesin. Untuk memindahkan shift keluar posisi Park, anda harus
menginjak pedal rem, angkat kaki anda dari pedal gas, dan tekan tombol pelepas
didepan tuas pemindah. Anda harus menekan tombol pelepas untuk berpindah
keposisi park.
Mundur (R)
Untuk
memindahkan ke posisi mundur dari posisi Netral, pertama-tama hentikan dulu
kendaraan sampai berhenti penuh. Tekan tombol pelepas sebelum pindah ke posisi
mundur dari posisi Netral. Pada mobil matic biasanya boros bahan bakar bensin
maka baca juga CaraMenghemat Bahan Bakar Pada Mobil
Netral (N)
Gunakan
posisi Netral bila perlu menghidupkan kembali mesi dari kondisi mati, atau bila
ada suatu keperluan untuk berhenti sebentar dengan kondisi mesin idling. Selalu
pindah posisi Park bila anda perlu meninggalkan mobil untuk suatu sebab. Tekan
pedal rem bila anda menggerakkan tuas pemindah dari posisi Netral ke posisi
yang lain.
Drive (D)
Gunakan
posisi ini untuk berkendara normal. Transmisi secara otomatis menyetel untuk
menjaga agar mesin pada kecepatannya yang paling baik untuk konsisi berkendara.
Second (S)
Memilih
ke gigi dua pindahkan transmisi ke gigi dengan ratio yang lebih rendah untuk
akselerasi yang lebih baik dan menambah daya pengereman mesin. Gunakan posisi
gigi dua bila anda menuruni bukit yang terjal, atau dalam keadaan macet.
Low (L)
Untuk
pindah ke posisi low, tekan tombol pelepas dibagian depan tuas pemindah.
Gunakan posisi low untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar pada saat menanjak,
atau untuk pengereman dari mesin yang maksimal bila menuruni bukit yang terjal.
Mungkin
itu saja yang dapat saya tulis mengenai persneling matic pada mobil jazz semoga
bermanfaat dan berguna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar